Emotional Eating Baik untuk Turunkan Berat Badan, Asal…

Sedih karena putus cinta, stres atau bosan dapat memicu seseorang terjebak dalam emotional eating. Emotional eating merupakan bentuk pelampiasan emosi yang diekspresikan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi besar.


turunkan berat badan



Selama ini emotional eating sering dikaitkan dengan bertambahnya berat badan. Terutama bagi orang-orang yang sedang berdiet. Padahal tidak selamanya seperti itu.Emotional eating ternyata juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Asal, makanan yang Anda konsumsi adalah makanan rendah lemak dan tinggi protein.
Hindari Salah Pilih Makanan

Makanan tertentu dapat menjadi penenang alami jika Anda memilihnya dengan tepat ketika tingkat stres sedang pada puncaknya. Ini akan menjadi solusi, karena jika Anda salah memilih makanan, Anda akan mendapatkan bentuk stres yang lain, yang setiap saat bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas.

Berikut ini adalah makanan terbaik untuk membantu menenangkan stres dan sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan saat Anda mengalami emotional eating.
Almond, Pistachio dan Walnut

Saat Anda merasa stres, segera ambil dan makan segenggam almond. Almond mengandung vitamin E, antioksidan yang membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Almond juga mengandung vitamin B, yang membantu tubuh Anda bertahan pada situasi tidak menyenangkan. Bosan dengan almond? Cobalah pistachio atau walnut sebagai pengganti. Keduanya akan membantu menjaga mood Anda tetap stabil dalam keadaan yang mulai memanas.

Ketika Anda mengalami stres, hormon adrenalin meningkatkan tekanan darah untuk meningkatkan energi sehingga sangat besar kemungkinan Anda menumpulkan ketegangan pada jantung Anda. Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa konsumsi segenggam pistachio setiap hari akan menurunkan tekanan darah sehingga jantung tidak bekerja dengan berat. Walnut juga diyakini mampu membuat tekanan darah lebih rendah, baik saat istirahat maupun di bawah tekanan. Tambahkan satu ons walnut pada menu salad, sereal, atau oatmeal favorit Anda.
Alpukat

Terkadang Anda memakan suatu jenis makanan untuk mengobati stres Anda, seperti es krim, yang kandungan lemaknya tinggi. Hindari es krim! Cobalah konsumsi alpukat dengan campuran sedikit lemon. Teksturnya yang tebal dan lembut dapat memuaskan keinginan Anda untuk makan es krim sekaligus mengurangi perasaan panik. Berdasarkan penelitian di Californoia, salah satu cara terbaik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi kalium yang bisa didapatkan dari alpukat ataupun pisang.
Susu Rendah Lemak

Para pakar nutrisi menemukan bahwa susu hangat merupakan salah satu terapi untuk insomnia dan kegelisahan. Ternyata kalium dapat menghilangkan kejang otot dan menenangkan ketegangan. Segelas susu juga diyakini dapat mengurangi gejala stres PMS pada wanita seperti mood, rasa cemas, dan mudah marah.

Wanita yang setiap hari meminum susu skim rendah lemak sebanyak empat gelas atau lebih memiliki risiko 46 persen lebih rendah dari periode pramenstruasi daripada yang tidak. Anda bisa pilih IsoSensation 93, susu whey protein isolate dengan kandungan protein yang sangat tinggi tetapi dengan kandungan gula dan lemak yang sangat rendah, sehingga selain membantu mengurangi stres yang Anda alami, juga membantu program diet Anda.

Nah, ternyata emotional eating memiliki sisi positif, bukan? Untuk itu, manfaatkan keinginan makan Anda ini dengan konsumsi makanan yang sehat dan tepat. (dan)

By : Denny Santoso
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top