Panduan Memilih Tingkat Kekentalan Pelumas yang Tepat

Tingkat Kekentalan Pelumas


Auto Pocket kerap kita dibingungkan waktu menentukan pelumas mesin dengan sae yang pas untuk mesin mobil kita, di mana di pasaran ada beragam macam type oli mesin dengan tingkat kekentalan yang berlainan. 


didalam penentuan tingkat kekentalan pelumas mesin maka kita bisa kembali lihat rekomendasi yang tercantum pada buku manual mobil kita. 

butuh dicatat bahwa bila mobil dipakai pada satu tempat dengan suhu lebih kurang s/d 38 derajat celcius layaknya halnya iklim di jakarta, surabaya, semarang, dan lain-lain. tiap-tiap mesin mobil mempunyai batas toleransi kekentalan paling rendah pelumas yang berlainan. 


dibawah ini yaitu perumpamaan-contohnya : 

kita anggap ini yaitu dari buku manual mobil a ( tengok gambar a di atas ) 
pada mesin mobil a ini kekentalan paling rendah diijinkan sampai sae 0w-30 walaupun mobil dipakai di kota dengan suhu lebih kurang s/d 40 derajat celcius ( tengok garis panah panjang teratas ). 

serta ini yaitu dari buku manual mobil b ( tengok gambar b di atas ) 
pada mesin mobil b ini kekentalan paling rendah diijinkan sampai sae 5w-30 walaupun mobil dipakai di kota dengan suhu lebih kurang s/d 40 derajat celcius ( tengok garis panah panjang sangat bawah ) 


plus minus penentuan oli encer atau kental : 
telah jadi rahasia umum bila kita memakai pelumas mesin yang encer maka kelebihannya kerja mesin dapat lebih mudah sedikit, mengonsumsi bbm dapat lebih irit sedikit, serta oli dapat lebih cepat bersirkulasi waktu mesin baru dihidupkan ( waktu pagi hari ), hingga mesin cukup dipanaskan sebentar serta setelah itu bisa segera jalur. 

tengah kekurangannya, perlindungan pada komponan internal mesin tidak sebaik pelumas yang lebih kental, terlebih waktu mobil membawa beban ( penumpang penuh / barang penuh ). 

namun bila memakai oli yang kental maka segi plus atau minusnya dapat berlaku sebaliknya. 


kompromi untuk memperoleh kinerja mesin yang paling baik sekalian perlindungan logam yang baik yaitu gunakan pelumas jenis full synthetic dengan batas tingkat kekentalan paling rendah yang diijinkan. 

contoh pada mobil a, pakai pelumas sae 0w-30 atau 5w-30 jenis full synthetic 

contoh pada mobil b, pakai pelumas sae 5w-30 atau 0w-40 full synthetic 

dengan catatan : 
perihal tersebut berlaku bila mobil jarang dibebani dengan berat di mana membawa penumpang atau barang didalam jumlah yang sedikit s/d normal. 


bila mobil kerap kita muati penumpang atau barang sampai penuh, maka baiknya pakai pelumas dengan kekentalan menengah : 

contoh pada mobil a, pakai pelumas sae 5w-40 atau 10w-40 

tengah pada mobil b, pakai pelumas sae 5w-40 atau 10w-40 

dengan catatan : 
untuk mobil yang dibeli didalam situasi bekas gunakan atau odometernya telah sangat banyak, maka untuk amannya pakai pelumas dengan sae layaknya yang dipakai sebelum-sebelumnya serta bila pingin coba memakai pelumas dengan kekentalan yang satu tingkat lebih rendah ( contoh sepanjang ini gunakan 15w-40, lantas akan cobalah ke 10w-40 ), anda mesti amati dengan seksama untuk meyakinkan tidak berlangsung penguapan yang berlebih sepanjang penggunaan.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top