Part 2; Variable Valve Timing (VVT) dan Cara Kerjanya

cara bekerja vvt

Auto Pocket - Pada rpm tinggi mekanisme overlap dapat menolong mesin saat membuat campuran hawa + gasoline agar bisa masuk ke area bakar secepat-cepatnya. perihal ini dapat berlangsung dikarenakan ada relativitas pada kecepatan gerak naik - turun piston vs kecepatan aliran gas / hawa, hingga pada rpm tinggi, campuran hawa fresh + bbm yang bergerak cepat di intake manifold, menanti katup hisap buka, serta di waktu katup hisap buka maka campuran hawa fresh + uap bensin segera menyerbu masuk ke area bakar + mendorong sisa gas kotor hasil pembakaran keluar ke exhaust. maka mesin dapat terus memperoleh supply hawa + bbm yang mumpuni di waktu berputar pada rpm tinggi. 


Namun bila mekanisme overlap berlaku pada rpm rendah maka dapat berisiko = beberapa kecil sisa gas kotor hasil pembakaran ada yang terdorong ke arah intake manifold dan kecepatan gerak hawa + uap bensin yang tetap rendah bikin mesin kesusahan untuk menghisap hawa + uap bensin dengan maksimal, alhasil putaran mesin lantas tidak rata / kinerja mesin yang lemah pada rpm rendah. 


Nah pada mesin dengan mekanisme vvt, pada waktu stasioner / mesin berputar pada rpm rendah, mekanisme buka - tutup katup hisap & katup buang yaitu normal, di mana tak adanya fenomena valve overlap. 


Pada waktu putaran tinggi cam actuator dapat mengubah sudut derajat camasihaft hingga terciptalah fenomena valve overlap, serta demikian putaran mesin turun cam actuator dapat mengembalikan camasihaft ke posisi normal. 


Maka dengan perbaikan segi volumetric pada sistem pembakaran, output mesin dapat terjaga terus maksimal serta kurangi in-efisiensi pemakaian bbm. 



konsekuensi perawatan mesin dengan mekanisme vvt : 

Idealnya memakai pelumas mesin yang bermutu dengan viskositas menengah ( 10w-40 ) atau yang lebih mudah, sekurang-kurangnya kelas semi synthetic atau yang tambah baik full synthetic, dikarenakan sistem vvt biasanya dengan mekanisme hidrolik hingga memerlukan pelumas dengan kekuatan mengalir yang cepat dan kinerja yang stabil pada suhu tinggi. 



Catatan penting : 

Tentang hasil akhir mengonsumsi bbm dari satu mobil dengan mesin ber-vvt tetap terdapat banyak factor lain yang memastikan layaknya power to weight ratio / sistem transmisi, dan sebagainya.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top