Penyebab Boros & Ngegelitik pada Mobil Berusia Lebih dari 4 tahun dengan Odometer Tinggi


penyebab mobil boros


Auto PocketKadang-kadang kita alami bila odometer mobil kita telah meniti jarak yang amat jauh sekali atau umur mesin mobil kita telah diatas 4 th., mesin jadi lebih boros serta condong gampang ngelitik meskipun telah kita tune up ( setel klep / ubah busi / setel co ). 




ada apakah kiranya ? 

jawabannya yaitu deposit senyawa karbon. 

deposit senyawa karbon yang terbentuk pada saluran injector / intake valve / area bakar mempunyai implikasi negative pada kinerja mesin. 

deposit pada injector mengakibatkan sistem pengabutan bbm terganggu. 

deposit pada area bakar mengakibatkan volume area bakar jadi sedikit mengecil, alhasil kompresi dapat jadi sedikit naik. 

deposit pada intake valve, ini perihal yang amat krusial, banyak dampak yang dikarenakan oleh deposit di intake valve di luar dugaan kita. 

deposit pada intake valve bisa mengakibatkan pergantian afr ( air fuel ratio ) pada sistem pembakaran, di mana deposit pada intake bekerja layaknya halnya spons, ia menyerap uap bbm waktu bbm disemburkan oleh injector pada langkah hisap, hingga campuran yang masuk ke area bakar jadi sedikit lean serta dia dapat melepas deposit bbm waktu mesin deselerasi / throttle off. 



sebenarnya apa yang mengakibatkan berlangsungnya akumulasi deposit bahan sistem bahan bakar serta mesin mobil bensin ? 

jawabannya : beberapa komposisi zat dari gasoline itu sendiri. 

olefin / diolefin serta aromatic yang terdapat pada gasoline yaitu di antara pemicu terbentuknya deposit, di mana zat-zat tersebut mempunyai thermal stability yang tidak demikian tinggi, bisa jadi deposit bila terexpose suhu tinggi. 

komposisi spesifik pada pelumas juga bisa menolong mengakibatkan deposit pada intake valve, masuk melewati uap oli melalui pcv valve pada valve cove, lantas masuk ke jalur intake. 



lantas bagaimana jalan keluarnya ? 

Jalan keluarnya yaitu melakukan sistem pembersihan, baik pembersihan injector / area bakar / intake valve. 

di pasaran teresedia beberapa puluh jenis obat pembersih, namun sistem pembersihan yang sangat efisien yaitu sistem pembersihan dengan sistem yang segera menuju tempat tujuan layaknya obat purging injector ( gasoline injector cleaner ) dengan sistem segera mengalir ke saluran fuel rail serta obat pembersih area bakar baik dengan sistem semprot ke intake ataupun yang diinjeksikan masuk melewati lubang busi. 

untuk pembersihan intake valve yang efisien dapat dengan melepas intake manifold, injeksikan obat segera ke intake port. 

untuk mesin-mesin modern dengan catalytic converter tidak dianjurkan memakai obat pembersih area bakar sistem semprot ke intake waktu mesin didalam situasi hidup serta lebih dianjurkan obat dengan sistem dialirkan dengan selang kecil melalui lubang busi atau menuju intake valve serta lantas dihisap kembali, di mana sistem dikerjakan pada waktu mesin mati.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top