Tips Menilai Konsumsi BBM Sebuah Mobil Secara Lebih Riil [PART 1]

Menilai Konsumsi BBM


Ketika hendak membeli sebuah mobil, faktor konsumsi bahan bakar sering menjadi pertimbangan penting.

Sering calon pembeli mendapat data konsumsi BBM yang sifatnya tidak menyeluruh, sehingga menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

Penting digarisbawahi bahwa konsumsi energi (bahan bakar) sebuah mobil sifatnya sangat dinamis, tergantung oleh banyak faktor dan bukan statis seperti halnya konsumsi listrik sebuah TV.

Jika Anda hendak membeli sebuah mobil baru dan pihak penjual mengatakan konsumsi BBM mobil tersebut "sekian-sekian" maka jangan pernah sungkan untuk menanyakan mengenai bagaimana cara pengetesan konsumsi BBMnya, seperti :



  • Pengetesan konsumsi BBM pada kondisi lalu lintas yang bagaimana? Apakah jalan lancar (tol lancar) atau di situasi padat?
  • Driving Style saat pengujian (mengemudi seenaknya ataukah dengan cara Push & Glide)?
  • Jumlah penumpang atau barang yang diangkut?
  • Tekanan Ban saat pengujian serta posisi termostat AC?
  • Jenis BBM yang digunakan saat pengujian?
  • Jenis pelumas yang digunakan?

Berdasarkan penelitian Team APG selama bertahun-tahun, poin nomor 1-3 memegang peranan utama terhadap hasil penilaian konsumsi BBM, poin nomor 4-5 juga turut berperan penting, sedangkan poin nomor 6 juga ada berperan walaupun tidak besar.

Team APG pernah meneliti bagaimana hasil konsumsi BBM sebuah Toyota Kijang Innova D4 D type G A/T (Diesel) th 2006 dan Honda CR-V gen.3 A/T 2000 cc tahun 2007 jika dihadapkan pada kondisi lalu lintas yang sangat berbeda.


1. Kijang Innova D4 D G A/T
Terbaik = 1:18.5 (1 L untuk 18.5 km)
Terendah = 1:9.3

Terbaik = untuk rute Bandung - Jakarta, diukur sejak masuk Tol Pasteur dan berakhir di SPBU dekat Bimoli - Pluit. Perjalanan saat malam hari, traffic lancar (full jalan tol), Driving Style Push & Glide, rentang kecepatan sekitar 75-110 km/jam, thermostat AC posisi 60%, Tekanan Ban = 37, BBM Biosolar 80% + Solar non subsidi 20% + additive solar. Ban : 215/65 R16. Pelumas : Full Synth 5W40. Penumpang 1 orang + Pengemudi + sedikit barang. Kondisi mobil : Prima.

Terendah = Rute dalam kota Jakarta saat hari kerja, sangat padat merayap, tekanan ban dan BBM sama, kondisi lain-lainnya sama.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top