Cara Mengemudi Tepat Agar Turbo Lebih Awet

mobil turbocharged

Makin populernya mobil-mobil yang dilengkapi turbocharger di indonesia baik mesin bensin ataupun diesel, tak ada salahnya bila kita sebagai pemilik mencermati perihal kecil yang bermanfaat untuk keawetan turbocharger mobil kita sendiri. 

Mobil-mobil bensin dengan turbocharger yang dijual atpm salah satunya vw ( gti / tsi ), audi ( mesin tfsi ), peugeot 3008, mini cooper, mazda cx-7, mercedes benz cgi engine, bmw twin power turbo, volvo, subaru, porsche, dan sebagainya. 

Namun pada mesin diesel dengan turbo yaitu seluruh mobil diesel common rail serta mesin-mesin diesel yang mencukupi syarat emisi euro 2 ke atas. 

Perihal yang butuh di perhatikan saat mengemudi : 


1. menyambut tiba di area tujuan : 

Mengemudilah dengan enjoy lebih kurang 3 - 5 menit menyambut tiba di area tujuan. 

Jika setelah lari kencang di tol / menarik beban / menanjak gunung, maka mengemudilah dengan enjoy lebih kurang 5 - 10 menit menyambut tiba di area tujuan. 

Perihal ini ditujukan untuk sistem cooling down turbocharger serta oli mesin yang lebih maksimal, dikarenakan pendinginan sambil jalan terbantu oleh aliran angin. 


2. pada waktu mesin baru dihidupkan : 

Diawali emudi dengan enjoy sepanjang 2 - 3 menit serta janganlah segera digeber. 


3. bahan bakar yang dianjurkan untuk mesin bensin ber-turbo : 

Bensin non subsidi oktan 95. 


4. type pelumas yang direkomendasikan : 

Mesin bensin turbocharged : 
Pakai pelumas full sintetik dengan spesifikasi cocok yang disarankan pada buku manual 

Mesin diesel turbocharged : 
Bisa memakai pelumas diesel yang tertulis suitable for turbocharged, namun untuk hasil yang tambah baik kami merekomendasikan sekurang-kurangnya pelumas semi sintetis sae 10w40 atau 15w40 spesial diesel atau tambah baik lagi full sintetik spesial diesel atau sekurang-kurangnya yang mencukupi kriteria longlife layaknya mb 229. 3 / mb 229. 5 / gm ll-025-b. 

Tiap-tiap ganti pelumas mesin ubahlah juga filter oli mesin. 

Gunakan pelumas kekuatan tinggi dapat menolong menghindar berlangsungnya efek coking atau kerak karbon pada jalur oli disebabkan oli hangus terpanggang di tempat poros turbo yang panas. 


Perihal diatas tersebut lepas anda memakai turbo timer atau tidak, serta meskipun mobil dilengkapi turbo timer, sistem cooling down emudi enjoy menyambut tiba di tujuan yaitu amat kami anjurkan. 

Penting : 
Janganlah dulu menggeber-geber gas pada waktu sebelum saat mematikan mesin serta waktu baru menghidupkan mesin !
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top