Tips Percaya Diri Berbicara di Muka Umum

Dikarenakan jarang berbicara di depan umun, terkadang kita merasa tidak percaya diri ketika akan berbicara di depan umum. Rasa tidak yakin diri tersebut dapat menyebabkan rasa grogi. Nah, rasa grogi tersebut dapat merembet kepermasalahan lain, contohnya : materi yang perlu kita berikan jadi lupa, saat bicara jadi gugup/suaranya tidak jelas.  Apabila hal tersebut terjadi, maka kegiatan berbicara di depan umun tidak akan sukses dan memukau para penyimak, selain itu rasa percaya diri kita pun akan semakin berkurang.


Tips Percaya Diri

Supaya rasa tidak percaya diri berubah menjadi percaya diri, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketikan akan berbicara di muka umum, diantaranya yaitu:

1. Bersikap Tenang

Ketika akan menghadapi apapun, kita harus bersikap tenang karena ketika sikap kita tenang, pikiran kita pun akan jernih sehingga akan dengan mudah untuk berpikir menyelesaikan permasalahan. Salah satu cara untuk menenagkan hati adalah atur nafas secara teratur.

2. Kuasai Materi

Ketika kita akan berbicara dihadapan umum, hal penting yang perlu kita perrhatikan yaitu siapkan terlebih dahulu materi yang akan kita sampaikan. Setelah kita menyiapkan materi yang akan disampaikan, setelah itu kita harus mengerti serta kuasai materi tersebut. Sesudah kita mengerti serta menguasia materi yang kita berikan, saat kita bicara di depan umum  pun akan lebih perca diri dan penyampaiaan materi pun tidak akan terbata-bata (terputus-putus).

3. Banyak Berlatih

Selain penguasaan materi, latihan yang sering pun sangat penting, sebab segala sesuatu apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan latihan yang maksimal pula. Karena, jika kita belum punya kebiasaan bicara di depan umum, alangkah sebaiknya kita kerap latihan, perumpamaannya kita berdiri di depan cermin atau bicara sendiri dengan style seolah-olah kita tengah berpresentasi di depan orang banyak.

4. Tingkatkan Rasa Percayadiri

Setelah penguasaan materi telah kita kuasai dan kita pun sering berlatih, hal yang perlu kita perhatikan yang lainnya yaitu, kita harus tingkatkan rasa percaya diri yang ada dalam diri kita. Apabila kita tetap saja tidak memiliki rasa percaya diri, maka keberanian berbicara di depan umum pun tidak akan pernah ada dan latiha yang telah kita lakukan akan sia-sia saja.

5. Berdoa

Terakhir, yang perlu kita lakukan supa diberi kelancaran ketika berbicara di depan umum yaitu berdoa. Meminta pertolongan kepada Allah swt supaya diberi kelancaran dan kemudahan ketika berbicara di hadapan umum. 
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top