Trik Untuk Menghemat BBM ( EcoDriving )

Rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi menimbulkan kekhawatiran efek domino terhadap harga-harga brang lain yg menjadi kebutuhan pokok. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku sedang memikirkan dua opsi mngatasi defisit anggaran akibat subsidi bahan bakar minyak.

tips menghemat bbm


Muncul kemungkinan bhwa pemerintah akan menaikkan harga jual premium menjadi sangat besar. Pastinya kita harus menerima jika telah ditetapkan harga BBM harus naik. Namun sekarang bagaimana hrus menyikapinya agar anggaran biaya rumah tangga tdak membengkak akibat BBM naik.

Menyikapi kenaikan BBM, Jusri Pulubuhu, Praktisi & Pemerhati Road Safety – Lead Driving & Motorcycle Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) – Crash Free International mmberikan tipsnya menghemat BBM. Berikut triknya:


Perilaku Eco Driving/Riding

Melakukan ekonomisasi tidak saja ketika sedang berkendara tapi dapat diawali dari saat merencanakan sebuah perjalanan, termasuk paska perjalanan. Untuk memaksimalkan hsil ekonomisasi ini motorist dan pengemudi harus memiliki konsep perilaku Eco Driving/Riding yang harus menjadi bagian kehidupan sehari-harinya.

Konsep tersebut di atas merupakan kombinasi perilaku pra-perjalanan dan teknik mengemudi ekonomis yg sering disebut dengan Eco Driving/Riding, yaitu sebuah cara mengemudi yg menghasilkan penghematan konsumsi BBM. Kemudian pengurangan emisi gas buang, pengurangan polusi udara, menambah umur pkai part, dan pengurangan potensi risiko kecelakaan.

Ini dapat terlihat dari perilaku pengemudi/pengendara yang dapatmemaksimalkan fitur-fitur teknologi yg tersedia pda kendaraannya, mengemudi dengan halus, dan nyaman. Jika kesemuanya ini dilakukan dapat menghemat konsumsi BBM sampai 5 hingga10 persen.


Merencanakan perjalanan

Bukan asal bergerak, dalam kondisi harga BBM yang tinggi, ekonomisasi diawali dri perencanaan perjalanan. Berikut tips dan trik yang dapat dilakukan:

  1. Biasakan bertanya kepentingan sebuah perjalanan yg akan dilakukan, bisakah diganti dengan opsi menelpon atau diganti dengan opsi mengirimkan SMS, email, BBM-an (Blackberry messenger).Jika memungkinkan ditunda pda jam-jam yang tdak sibuk, menghindari kemacetan ketimbang harus bertemu atau melakukan perjalanan pada saat tersebut. Intinya urgensi sbuah perjalanan harus menjadi pertimbangan.
  2. Mulai membiasakan untuk menetapkan selain kendaraan pribadi, moda transportasi umum, transportasi perusahaan (shuttle) sebagai opsi. Moda transportasi umum dalam kota yg kian memadai seperti trans Jakarta, KRL, shuttle bus sudah dapat menjadi pertimbangan bagi rute -rute komuter (rumah – kantor pp) dapat dipilih sesekali. Jika fleksibilitas moda transportasi umum tersebut terbatas mka, kendaraan pribadi dapat menjadi opsi terakhir. Sebaiknya Anda mempertimbangkan fasilitas shuttle bus yg disediakan perusahaan, walaupun konsekwensi terbatasnya fleksibilitas harus menjadi pilihan. 
  3. Jika opsi terakhir kendaraan pribadi adlah opsi terbaik, maka biasakan untuk memilah-milah rute untuk memilih jalan terbaik. Kadang rute melebar dengan jarak yang lbih pnjang memberikan hasil ekonomisasi pada konsumsi BBM kendaraan. Rute sepi dan lenggang akan memberikan penghematan BBM ketimbang rute pendek namun memiliki waktu tempuh lebih lama, beban krja mesin semakin berat. Rute stop and go di dalam kota akan menguras energi mesin lebih besar yang berdampak konsumsi BBM meningkat. 
  4. Waktu vs kemacetan seakan 11 – 12. Anda harus memperhatikan jam-jam sibuk pada rute komuter Anda ataupun pada rute perjalanan yang akan dilalui. Memelihara kebiasaan ini akn sangat menguntungkan baik dari ekonomisasi BBM maupun tindakan antisipasi terhadap peluang kecelakaan. 
  5. Memulai untuk mempertimbangkan kebiasaan sharing transportasi pada rute-rute komuter (rumah – kantor, rumah – sekolah, rumah - kampus). Saat ini pola sharing transportasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung sudah tidak asing lagi dimana beberapa orang yang berada disuatu area bersama-sama berangkat ke kantor dengan memikul biaya BBM secara bersama atau memberikan uang pengganti kepada pemilik kendaraan yang dikeroyok untuk digunakan. Bahkan ada yg sdah mulai berinisiatif melakukan email broadcast untuk menyediakan fasilitas sharing transportasi dengan menyebutkan rute -rute perjalanannya hingga pick-up points yang dilalui dengan uang pengganti perbulannya.

Ide sharing transportasi juga dpat dilakukan pada sebuah keluarga dengan cara menginformasikan sebuah rencana perjalanan kepada seluruh anggota keluarga. Bilamana ada rencana perjalanan yg beda sedikit jam perjalanannya maka perjalanan tersebut dapat digabungkan.

Korporasi-korporasi sdah sepatutnya melakukan manajemen sharing transport ini didalam mengatur perjalanan bisnis mereka.


Semoga Bermanfaat…!
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top