TIPS LIBURAN SAAT HUJAN

Tips Liburan Saat Hujan - Intensitas hujan saat ini telah mulai besar, kerap juga diiringi angin kencang. Tidak pelak sebagian tempat mulai banjir serta sebagian ruas jalan tergenang air. Nah bila keadaan seperti ini ada hal yang butuh diwaspadai pengemudi waktu lakukan perjalanan, terlebih yang merencanakan pelesir ke luar kota.

Sesungguhnya kunci utama yaitu "waspada" waktu mengemudi. Tidak cuma waktu hujan tetapi tiap-tiap mengemudi.

1. Atur laju kendaraan 
Saat mendadak turun hujan upayakan untuk kurangi laju kendaran. Tetapi sistem itu mesti dikerjakan dengan cara berkala dengan kata lain jang segera menyusut mencolok, lantaran dapat membahayakan ingindara di belakang. Cukup terlepas desakan pada pedal gas serta tidak butuh mencapai pedal rem. Langkah ini benar-benar utama untuk berikan saat serta area antisipasi saat berlangsung beberapa hal darurat. 

Aktifkan sebagian piranti seperti wiper atau lampu kota (apabila jarak pandang menyusut) untuk alat bantu lihat keadaan jalan serta juga berikan isyarat, baik pada kendaraan di depan ataupun belakang. 

2. Jarak aman 
Tidak kalah utama untuk melindungi jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Bila dalam keadaan normal jarak pada mobil yaitu 3 detik. Tetapi saat keadaan hujan selang saat meningkat jadi 4 sampai 5 menit. Dapat pula dengan perhitungan jarak yang berbanding lurus dengan kecepatan mobil. Contoh, melaju 60 kpj, bermakna jarak aman seputar 60 m. Untuk patokan mata kucing di dalam jalan yang berjarak 50 m. 

Langkah ini dapat juga berperan untuk langkah antisipasi saat berlangsung suatu hal dengan mobil di depan. Seperti saat kendaraan di depan terjerat di lubang waktu melintas genangan. Dengan demikian kita mempunyai saat untuk menghindar. 

3. Jauhi genangan 
Genangan condong ada di tepian jalan lantaran adalah sisi yang terendah. Walau ketinggian air hanya mata kaki, upayakan terus melintas di jalur yang kering. Pasalnya, seluruhnya kotoran yang ada di jalan bakal menuju area yang tergenang. Misal kata hingga benda tajam masuk ke kaliper rem, umpamanya, hal semacam itu bakal mengakibatkan kerusakan piringan serta komponen yang lain. 

Genangan dapat juga menyingkirkan daya cengkram ban dengan aspal. Hal itu dikarenakan ada susunan yang menghambat melekatnya ban dengan aspal. Terlebih waktu melaju kencang, bisa benar-benar beresiko, lantaran mobil dapat segera kehilangan kontrol. 

Saat melalui genangan, genggam setir dengan erat. Pasalnya, apabila berlangsung aquaplanning, arah mobil dapat beralih lantaran kehilangan traksi. Lain perihal bila setir terpegang dengan erat. Tak hanya dapat rasakan tanda-tanda aquaplanning, mobil juga dapat diarahkan dengan benar.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top