Mari Mencuci Helm Agar Tidak Apek

Mencuci Helm Agar Tidak Apek - Kondisi ruang parkir terbuka untuk sepeda motor kerap bikin apes biker yang lupa menitipkan helm. Pasalnya, saat hujan mulai turun, pelindung kepala itu bisa berubah menjadi penampungan air. Keadaan basah, kotor, lembab, serta beraroma tak enak dapat menyebabkan perasaan tak enak setiap saat bersentuhan dengan kulit, tentunya benar-benar mengganggu perjalanan.

mencuci helm agar tidak apek

Sama seperti kelengkapan wajib pakai saat riding lainnya, helm juga penting untuk dirawat secara rutin, tentunya untuk menghindari munculnya bau apek. Caranya mudah, hanya dibersihkan dengan air hangat dan cairan pembersih. Sebelum saat membersihkan, siapkan peralatan seperti sikat gigi, cotton bud, kain bersih, busa, serta product pembersih. 

Berikut langkahnya :

1. Hampir sebagian besar bagian helm akan dilucuti, bila yakin sulit memasang kembali, foto pakai ponsel di bagian luar dan dalam untuk acuan pemasangan.

2. Bongkar seluruh bagian pada helm secara perlahan. Beberapa pabrikan biasanya sudah menyertakan cara melepas komponen di buku manual. Jika pertama kali lakukan, baiknya hati-hati, bebaskan cuma sisi yang gampang. Kemudian letakkan dengan rapi semua bagian agar lebih mudah saat pemasangan.

3. Biasanya, bantalan pipi bisa dilepas. Setelah itu, siram cangkang helm dengan air hangat, lalu cuci dengan bantuan sedikit sampo bayi. Gosok perlahan, lalu bilas, ulangi beberapa kali sampai semua kotoran rontok. Kerjakan hal yang sama pada bantalan pipi.

4. Keringkan helm di tempat yang sejuk. Jika ingin selesai lebih cepat, disarankan menggunakan kipas angin, jangan pengering rambut.

5. Usap kaca depan dengan kombinasi kain bersih dengan permukaan lembut (mikrofiber), air hangat, dan sedikit sabun. Utamakan memakai jari untuk membuang kotoran agar meminimalisasi kemungkinan lecet. Biarkan kering tanpa alat bantuan.

6. Untuk membersihkan permukaan bagian luar, Jika sudah kering, cukup pakai air, jangan gunakan cairan kimia sebab bisa mengikis lapisan kilap. Pakai cotton bud serta sikat gigi untuk bersihkan area yang susah terjangkau. Ulangi semua langkah beberapa kali hingga benar-benar bersih.

7. Rakit kembali helm dengan benar. Jika kurang yakin, gunakan foto sebagai acuan. Tidak perlu terburu-buru, pastikan semuanya terpasang dengan baik.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top