9 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Saat ini meditasi sudah jadi satu diantara teknik relaksasi yang banyak disukai serta dilakukan oleh orang-orang dari semua penjuru dunia. Bila dahulu meditasi kerapkali dianggap untuk ritual dari agama tertentu, saat ini meditasi dianggap sbg media untuk menenangkan pikiran. Tetapi tak hanya menenangkan pikiran, ternyata meditasi memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat, baik fisik maupun psikis, yang akan kita peroleh dengan rutin berlatih meditasi.

manfaat-meditasi-bagi-kesehatan

1. Mengatasi masalah tidur

Jika anda memiliki gngguan tidur seperti insomnia, sebaiknya anda mulai berlatih untuk bermeditasi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sebanyak 75% penderita insomnia yang melakukan meditasi dapat segera tidur setelah 20 menit berbaring di tempat tidur.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan selalu identik dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Namun tahukah anda bahwa duduk diam dengan bermeditasi juga dapat menurunkan berat badan lho. Hal ini karena meditasi dapat meredam keinginan untuk nyemil.

3. Meringankan Sindrom PMS (Pra-Menstruasi)

Gejala-gejala yang muncul sbelum menstruasi, baik fisik maupun psikis, dapat diatasi dengan kondisi tubuh yang rileks karena kondisi rileks memberikan pengaruh yang baik terhadap organ-organ tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan kondisi tubuh yang rileks dan mengurangi Sindrom PMS tersebut adalah dengan cara bermeditasi. Sebuah studi membuktikan bahwa wanita-wanita yang mengalami Sindrom PMS kronis mengalami peningkatan kesembuhan hingga 58% setelah berlatih meditasi selama 5 bulan.

4. Mencegah gangguan pencernaan

Jika anda sering mengalami gangguan pencernaan, atasi lah dengan cara bermeditasi. Hal tersebut karena teknik relaksasi tersebut membuat perut menjadi tenang sehingga proses penyerapan makanan dapat berjalan secara maksimal.

5. Awet muda

Meditasi juga dapat menjadi salah satu tips untuk awet muda karena latihan pernapasan dalam meditasi dapat menjadi sarana pelepas stres. Tubuh seseorang yang mengalami stres dapat memproduksi hormon kortisol secara berlebih, yang kemudian akan berakibat pada kerusakan sel-sel kulit. Sebaliknya, jika tubuh seseorang dalam kondisi yang rileks, hormon kortisol tidak akan berproduksi secara berlebihan dan tentunya tidak akan menganggu ksehatan kulit kita.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Peneliti dari Universitas Harvard menemukan bahwa meditasi menurunkan tekanan darah dengan cara membuat tubuh menjadi kurang responsif trhadap hormon penyebab stres, dan bekerja setara dengan obat penurun tekanan darah.

7. Mencegah stres

Menurut para ahli, meditasi dapat melepaskan kepenatan dan stres. Hal ini karena meditasi dapat menjadi salah satu cara yang dapat membantu kita untuk merasa lebih bebas dan mengurangi beban yang ada di pikiran kita. Sebuah penelitian juga mnemukan bahwa meditasi telah berhasil mengurangi stres dan menenangkan pikiran dari 77% orang yang mengalami stres tingkat tinggi.

8. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Meditasi mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, yang pada akhirnya akan memberikan pencapaian maksimal dalam belajar. Karena sewaktu bermeditasi, sebenarnya kita juga berlatih untuk berkonsentrasi dengan memusatkan pikiran pada satu objek.

9. Mengurangi rasa kesepian

Anda sering merasa kesepian? Usir rasa kesepian anda dengan cara bermeditasi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bermeditasi selama 30 menit setiap hari ternyata dapat mengurangi rasa kesepian yang dialami oleh orang dewasa.

Selain manfaat-manfaat di atas, tentunya masih banyak manfaat lain yang akan anda dapatkan dengan bermeditasi. Karena itu, mulai dari skarang anda harus rajin berlatih meditasi, supaya kesehatan fisik dan mental anda tetap terjaga. Supaya lebih rileks, ada baiknya anda bermeditasi sambil mendengarkan musik-musik yang tenang. Selain itu, anda juga dapat menggunakan aromaterapi beraroma ringan, yang pastinya dapat membuat pikiran anda jadi lebih tenang.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top