Wisata Gunung Kidul, Pasir Putih Pantai Kukup

Jika Anda perhatikan maka akan terasa bahwa kebanyakan Pantai Kidul (Selatan), di Yogyakarta pada khususnya, sangat sarat dengan kepercayaan yang berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan. Tapi hal ini tak membawa pengaruh yang besar, karena kepercayaan ini sungguh tak sebanding dengan keindahan yang tersimpan di sebagian besar pantai pantai di Laut Selatan ini. Mulai dari hamparan pasir hitam hingga pasir putih dapat dengan mudah Anda temukan di daerah pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini. Salah satu lokasi wisata pasir putih yang berada di Yogyakarta yang sangat gampang dijangkau adalah Pantai Kukup. Terletak di sebelah timur pantai Baron, tepatnya di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupoaten Gunung Kidul Yogyakarta.

wisata-gunung-kidul-pantai-kukup

Ekstra Hati Hati - Pantai ini sendiri sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi karena keindahan pantainya yang cukup unik, karena pasir putih yang terbentuk bukan berasal dari kikisan karang laut yang terseret ombak dan terdampar di sepanjang bibir pantai, tapi ternyata berasal dari gabungan batu dan pasir. Pasir putih lebih banyak terdapat di daerah pantai yang kering, sedangkan di daerah pantai yang sering terkena air laut atau deburan ombak terdiri dari bebatuan besar yang bentuknya datar bak lempengan. Jika Anda melihat sekilas, maka lempengan ini tidak akan terlihat, tetapi jika Anda mengamati deburan ombaknya, maka akan terlihat bahwa ombak tersebut akan pecah setelah mengenai lempengan batu itu. Itulah kenapa sangat disarankan untuk berhati hati, untuk tidak bermain main terlalu dekat dengan air. 

Pulau Jumino - Jika Anda ingin menikmati keeksotisan pantai Kukup, disarankan untuk menikmatinya dari atas sebuah bukit yang terletak di sebuah pulau yang lebih dikenal sebagai pulau Jumino. Anda tak perlu bersusah payah memanjat, karena di pulau ini sudah dibangun sebuah jembatan yang dapat digunakan untuk menyeberang ke pulau Jumino ini. Dari atas buklit inilah Anda dapat menikmati bebrapa keindahan pantai lainnya seperti pantai Baron, Pantai Porok. Silahkan Anda nikmati suara deburan ombak yang datang bergulung gulung dari arah laut selatan yang kemudian pecah karena menghantam batuan lempengan karang tersebut.

Pantai Kukup termasuk salah satu tujuan wisata yang diandalkan sehingga fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Mulai dari banyaknya warung makan yang tersedia yang mengolah berbagai makanan hasil laut, ketersediaan fasilitas kamar mandi dan WC umum, area parkir yang cukup luas, bahkan tersedia sebuah pendopo yang dapat digunakan sebagai fasilitas pertemuan.

Dan kalau anda mau singgah di Pantai untuk daerah jawa, sebelum Yogyakarta, Pantai Lembupurwo Kebumen bisa jadi pilihan anda. 
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

1 Responses to "Wisata Gunung Kidul, Pasir Putih Pantai Kukup"

  1. Saya tertarik tentang artikel anda tentang wisata Gunung Kidul Pantai Kukup di Jawa Timur ini
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top