Wisata Sejarah, Museum Kereta Api Ambarawa

Tak dapat dipungkiri bahwa sejarah perkereta apian di Indonesia memilki sebuah runtutan sejarah yang sangat panjang. Dimulai dari zaman penjajahan Belanda hingga sekarang ini, dimana lintasan Kereta Api bahkan dibuat double track, sehingga lalu lintas perkereta apian di Indonesia khususnya di pulau Jawa semakin padat.

Sejarah – Jika Anda tertarik dengan dunia kereta api, tak ada salahnya Anda mengunjungi museum kereta api yang terletak di Ambarawa, tepatnya berada di Jalan stasiun no.1 Ambarawa, Kabupaten Semarang  Jawa Tengah.
Sebenarnya museum kereta api Ambarawa ini dahulunya adalah sebuah stasiun kereta api yang beralih fungsi menjadi sebuah museum. Itulah kenapa jika Anda berkunjung kesana, Anda akan menemukan sebuah situasi bangunan stasiun kuno yang sudah direnovasi, berbentuk peron stasiun peninggalan jaman Belanda, lengkap dengan lokomotif kereta api dari yang sangat kuno hingga yang modern.

wisata-sejarah-kereta-api-ambirawa

Yang unik dari museum kereta api di Ambarawa ini, adalah masih adanya kereta api uap dengan lokomotif  B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen yang masih dapat berfungsi dengan baik. Kereta api ini sendiri sekarang difungsikan sebagai kereta api wisata. Kereta api ini dilengkapi gerigi sehingga mampu menanjak hingga kemiringan tertentu, dan merupakan salah satu dari 3 kereta api uap bergerigi yang masih ada di dunia, yaitu di India dan Swiss.
Di museum ini , Anda dapat melihat  sebanyak 21 lokomotif uap dari berbagai jenis seri dan pabrikan. Anda juga dapat menemukan sebuah telpon antik yang dulu pernah digunakan, juga terdapat peralatan kuno untuk telegram morse. Pendek kata di museum ini Anda dapat melihat perkembangan kereta api hingga berkembang seperti sekarang ini.

Satu hal yang membanggakan adalah museum kereta api Ambarawa ini tercatat sebagai museum kereta api terbesar di Asia Tenggara, karena memiliki koleksi kereta api uap terlengkap.
Anda juga dapat menikmati sensasi naik kereta api uap jaman kuno, lengkap dengan suaranya yang berisik dan penuh asap. Tak ada AC , hanya fasilitas jendela yang benar benar terbuka, di tengah tengah sawah dan ladang dengan latar belakang rawa pening , Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran , sungguh merupakan sebuah pengalaman yang membawa kenangan tersendiri.

Kereta Api Uap Bergerigi – Khusus untuk kereta api uap bergerigi, tidak disewakan secara perorangan, karena biayanya yang termasuk cukup mahal. Untuk sekali perjalanan pulang pergi dari stasiun Ambarawa hingga Sasiun Bedono yang hanya berjarak 9 kilometer, kereta api uap bergerigi dengan kapasitas penumpang sebanyak 80 orang ini disewakan dengan harga sekitar Rp. 3,5 juta hingga Rp.4 juta.
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

1 Responses to "Wisata Sejarah, Museum Kereta Api Ambarawa"

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top