Penemu Diesel dan Cara Kerja Mesin Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel adalah sarjana mesin dari Jerman dan merupakan penemu mesin diesel. dan berimigrasi ke Perancis. Seorang keturunan Jerman yang lahir di Paris pada 1853 yaitu Rudolf Diesel, ahli di bidang teknik mekanikal ini menjadi terkenal ketika menemukan suatu mesin yang masih dipakai sampai saat ini yaitu mesin diesel. Setelah lulus di tahun 1880 dengan nilai tinggi dia kembali ke Paris untuk bertemu Profesor carl von Linde untuk merancang bangun mesin pendingin dan mesin pembuat es.

Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya yang berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg. Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel kuliah sambil bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik.

rudolf-diesel-penemu-mesin-diesel

Satu tahun kemudian penemu mesin diesel ini dipercayai untuk memimpin pabrik dan mendapatkan beberapa paten di Jeman dan Perancis. Teori-teori tentang Mesin Bakar telah ditelitinya sehingga menghasilkan mesin baru yaitu mesin Diesel yang diambil dari namanya.

Dia pindah ke Muenchen, tahun 1896. Dia membangun prototipe yang berfungsi pada awal 1897 ketika bekerja di pabrik MAN di Augsburg.

Untuk itu anda perlu tahu juga tentang " Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin "

Tahun itu adalah tahun yang sibuk bagi Rudolf sang penemu mesin diesel. Pabrik mesin diesel di Augsburg dibangun tahun 1898. Pabrik mesin diesel pertama di Amerika selesai dibangun tahun itu juga. Pada tahun 1899 mesin diesel pertama kali digunakan di lapangan pengeboran minyak di Gailizien. Pada 1900, pabrik mesin diesel pertama di London diresmikan. Pada 1905, mesin diesel mulai digunakan sebagai mesin kereta api. Dan puncaknya 1910 ketika ia tampil di Pekan raya Paris dengan rancang bangun mesin diesel yang digerakkan bahan bakar minyak kacang dan minyak ganja. Rudolf Diesel meninggal secara mengenaskan dan misterius di kapal fery dalam perjalanannya ke Inggris di Selat Inggris pada tanggal 30 September 1913 pada umur 55 tahun. Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil modern.


Cara dan Prinsip Kerja Mesin Diesel

cara-kerja-mesin-diesel
Energi kimia di hasilkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan udara di dalam silinder . Pada mesin diesel, terdapat ruang yang dirancang khusus agar di ruangan itu agar dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang tinggi.

Suhu tinggi membakar bahan bakar yang telah disemprotkan sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mendorong piston dan kemudian akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin lainnya. Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan sebagainya.

Di negara kita, mesin diesel kurang diminati karena sebagian orang menganggap mesin ini mengeluarkan asap hitam yang pekat. kalau di Eropa, mobil diesel sangat banyak peminatnya. Karena mesin diesel dipakai pada mobil penumpang, bus, truk, bahkan mobil sedan sekalipun. Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin.  Pada motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri  (self ignition).
advertisement

Bagikan ke

Di Posting Oleh :

Hi... Saya Ratih Indriati berasal dari Ciamis yang sekarang sedang melanjutkan Study (S2) di salah satu Universitas di Jayapura, Papua. Bukan hanya itu, saya bekerja di salah satu instansi IPDN Kampus Papua bagian Akademik. Selingan untuk mengisi waktu kosong, saya menyalurkan hobby saya melalui blog. Salam hangat buat kalian semua sobat blogger ! Terimakasih sudah berkunjung di blog ini...

1 Responses to "Penemu Diesel dan Cara Kerja Mesin Diesel"

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Auto Pocket - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Scroll to top