Auto Pocket

follow us

Part 1; Peranan Silika Sintetis pada Disain Sebuah Ban

Auto Pocket
silika sintetis ban

Auto Pocket - Anda pasti tahu peranan ban untuk kendaraan anda. Dan yang terlebih jelasnya, Ban-ban modern yang mampu menghemat penggunaan BBM alias Ban dengan tahanan gelinding (Rolling Resistance) yang rendah, memiliki komponen penting yaitu unsur 'Silika Sintetis' pada bagian telapak ban (kembang ban).


Memecahkan Dualisme antara Rolling Resistance vs Daya Cengkeram.

Tantangan besar di masa lalu adalah bagaimana menghasilkan kompromi antara tahanan gelinding yang rendah dan daya cengkeram yang baik.

Tahanan Gelinding (TG) adalah jumlah energi yang diserap ban saat berputar dan menggelinding. Semakin rendah TG maka kerja mesin semakin ringan dan konsumsi BBM menjadi lebih sedikit.

Penurunan TG umumnya berkorelasi dengan penurunan daya cengkeram ban di jalan basah, saat ini dengan penggantian sejumlah unsur karbon hitam oleh Silika pada susunan senyawa pembentuk telapak ban telah memungkinkan produsen untuk memproduksi ban dengan daya cengkeram yang baik pada jalan basah sekaligus TG yang rendah.


Terobosan Revolusioner

Daya cengkeram sebuah ban dipengaruhi oleh sejauh mana ban terdistorsi pada frekuensi tinggi, alias sejauh mana faktor terjangan terhadap batu-batu kecil dan ketidakrataan permukaan jalan saat ban tersebut menggelinding.

Daya cengkeram terbaik juga didukung oleh senyawa karet yang menyerap tingkat energi yang tinggi (senyawa histeresis tinggi).


Di sisi lain, TG dipengaruhi oleh distorsi frekuensi rendah & defleksi ban saat ban berputar. Ini juga membutuhkan senyawa yang menyerap jumlah energi yg rendah (senyawa histeresis rendah).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar