Auto Pocket

follow us

Standard Pelumas API SN / ILSAC GF-5

Auto Pocket
standar pelumas

Auto Pocket - Bila melihat secara detail mengenai standard API SN / ILSAC GF-5 yang akan keluar tidak lama lagi, sepertinya secara teoritis cukup menjanjikan adanya suatu perbaikan yang signifikan daripada standard API SM / ILSAC GF-4 yang umum saat ini.

Standard ILSAC GF-5 mensyaratkan kemampuan 'Phosporous Retention' dimana pada ILSAC GF-4 hal ini tidak disyaratkan.


Apa itu Phosporous Retention ?

Yaitu kemampuan menahan senyawa Phospor agar tetap tinggal di dalam pelumas untuk jangka panjang, dimana senyawa Phospor ini terkait dengan zat antiwear penting yaitu senyawa Zinc (ZDDP). ZDDP merupakan zat penting untuk mencegah keausan komponen Valvetrain (Camshaft / Tappet / Rocker Arm), khususnya bagi mesin-mesin yang belum mengunakan mekanisme Roller Rocker arm.

Jika semakin sedikit Phospor yang meninggalkan pelumas maka Catalitic Converter juga semakin sedikit terkontaminasi oleh zat Phospor sehingga diharapkan usia Catalitic Converter akan lebih panjang lagi.


Turbocharger Protection :

ILSAC GF-5 mensyaratkan kemampuan untuk mencegah 'coking' atau terbentuknya endapan di jalur oli Turbo, sehingga pelumasan ke Turbo tetap prima.

Hal ini juga untuk mengantisipasi jika mesin dimatikan mendadak tanpa idle sehabis lari kencang.

Ini mengingat berkembangnya trend mesin-mesin Gasoline / GDI - Turbo belakangan ini.


Kombinasi Standard API SN / ILSAC GF-5 + GM Dexos 1 :


Seiring menjelang lahirnya ILSAC GF-5, pihak General Motor juga akan membuat standard berbasis API SN yang ditingkatkan lagi yang disebut Dexos 1, dimana menekankan perbaikan Anti Wear Performance yang lebih baik, sementara aspek-aspek lainnya sama seperti ILSAC GF-5.


APG

Sponsored Link :

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar