Auto Pocket

follow us

Perbaikan Efisiensi Mesin Bensin dengan Piggyback

Efisiensi Mesin Bensin dengan Piggyback

Perbaikan Efisiensi Mesin Bensin dengan Piggyback - Seiring dengan mahalnya harga bahan bakar oktan 92 dan 95, maka untuk mesin-mesin bensin modern (tanpa distributor pengapian) salah satu cara melakukan adjustment untuk menaikkan efisiensi adalah dengan Piggyback.

Piggyback yang memiliki fitur pengaturan Timing Pengapian, Air Fuel Ratio serta setting Fuel Cut, bisa sedikit memperbaiki efisiensi penggunaan BBM, dengan catatan : dikombinasikan dengan gaya mengemudi Push & Glide. (Lihat artikel tips mengemudi agar hemat BBM).

Mengapa hal ini memungkinkan?

Jawabannya :
Kebanyakan pabrikan otomotif men-set ECU mesin dengan kompromi antara Performa + efisiensi VS. Lifetime mesin + pertimbangan kualitas BBM yang beragam.

Maka itu sebetulnya terdapat ruang untuk memaksimalkan efisiensi mesin, hanya saja dengan catatan penting :

1. Kualitas pelumas yang digunakan harus Prima.

2. Gunakan bahan bakar berkualitas Prima / angka Oktan yang mencukupi, atau bisa diberi additive yang sifatnya Fuel Conditioner.

3. Perawatan mesin secara keseluruhan yang seksama.


Dari survey selama ini, re-tune mesin bensin modern dengan Piggyback secara rata-rata mampu menghasilkan perbaikan efisiensi BBM antara 5-15% secara Riil dan diukur secara rata-rata kondisi pengemudian kombinasi dalam kota dan Luar kota.

Mengapa bisa?

Karena dengan meningkatnya Torsi pada RPM rendah, pengemudi bisa ganti gigi lebih awal / mesin tidak perlu sering-sering berputar ke RPM tinggi.

Catatan :
Hasil setiap mesin adalah berbeda-beda, karena karakter setting mesin dari tiap pabrikan / tiap type berbeda-beda serta kondisi mesin yang juga berbeda-beda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar