Auto Pocket

follow us

Pentingnya Menyalakan Lampu di Areal Parkir Basement


Pentingnya Menyalakan Lampu di areal Parkir Basement - Dalam aktivitas mengemudi sehari-hari, kita sering menghadapi situasi mengemudi dari tempat yang terang lalu mendadak masuk ke tempat yang agak gelap seperti misalnya masuk ke Parkiran gedung / Basement pada siang hari, dimana perbedaan tingkat intensitas cahaya Matahari di jalan raya pada siang hari vs pencahayaan pada tempat parkir yang tertutup seperti Basement adalah cukup jauh, bahkan ada beberapa parkiran Basement yang sangat gelap.

Reaksi Biologisnya : Seseorang masuk kedalam ruangan gelap yang tadinya berada di ruangan terang, jumlah rhodopsin di dalam rod sangat sedikit sebagai akibat orang tersebut tidak dapat melihat apa-apa di dalam ruangan gelap. Selama berada di ruangan gelap, pembentukan rhodopsin di dalam rod sangatlah perlahan-lahan, konsentrasi rhodopsin Akan mencapai kadar yang cukup dalam beberapa menit berikutnya sehingga akhirnya rod Akan terangsang oleh cahaya dalam waktu singkat. Selama penyesuaian gelap kepekaanretina Akan meningkat mencapai nilai 1.000 hanya dalam waktu beberapa menit saja, kepekaan retina mencapai nilai 100.000 waktu yang diperlukan 1 jam. Sedangkan kepekaan retina Akan menurun dari nilai 100.000 apabila seseorang dari ruangan gelap ke ruangan terang. Proses penurunanan kepekaan retina hanya diperlukan waktu 1 sampai 10 menit. (BIO-Optik-K-III).

Maka dari itu ada baiknya jika pada siang hari kita memasuki tempat parkiran gedung / basement yang agak gelap, segera nyalakan lampu kecil pada mobil kita atau boleh hidupkan lampu besar (low beam) jika tingkat pencahayaan di tempat parkir gedung / basement sangat kurang, hal ini demi keselamatan bersama.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar