Auto Pocket

follow us

Tips Melewati Banjir Untuk Mobil Matic

Waktu musim hujan, jalanan Ibukota Jakarta sering penuh dengan genangan air hingga menghalangi mobil Anda melintas mulus. Mobil sedan yang mempunyai wujud rendah sangat nyaman digunakan dalam hal berakselerasi. Tapi kerap jadi korban lantaran mesinnya gampang terendam disaat banjir. 

"Bila musim hujan, pengendara mesti lebih waspada lantaran barangkali saja kita terjerat banjir di jalanan. Lebih kronis lagi, bila mobil yang kita kendarai mogok di dalam genangan air ". 

Karena itu, saya berikan sebagian panduan untuk yang memiliki mobil bertransmisi otomatis supaya kendaraan yang mereka kendarai tak mati waktu melewati lokasi rawan banjir. 

transmisi-matic

Inilah panduan-tipsnya : 

1. Lihat ketinggian air di area banjir yang bakal dilintasi kendaraan. 

2. Baiknya cari info ke mana Anda bakal pergi. Bila bakal melalui area riskan banjir, baiknya mencari alternatif jalan lain. 

3. Bila terpaksa mesti melewati area riskan banjir, posisikan tuas transmisi matic pada " posisi L ". 

4. Bila mesin kendaraan tiba-tiba mati, janganlah sekali-kali berusaha untuk menghidupkan mesin. 

5. Sesudah Anda telah ada ditempat yang aman, maka buka kap mesin serta keringkan bagian-bagian mesin dan kelistrikan. 

6. Kemudian, cobalah starter kembali mobil Anda dua hingga tiga kali. Namun bila mesin mobil terus tidak ingin hidup juga, cabutlah kabel busi serta cermati area di seputar busi. Di kuatirkan, kabel busi atau businya terkena air. Bila memanglah ada air di situ, bukalah tutup distributor, lalu keringkan serta gunakan kembali seperti awal mulanya. 

7. Cobalah Anda hidupkan kembali mesin mobil. Bila telah menyala serta dapat jalan kembali, cobalah kerjakan pengereman sekian kali hingga sebagian komponen pada mobil berperan kembali. 

8. Paling akhir, sesudah kendaraan Anda telah dapat hidup, baiknya bawa ke bengkel resmi untuk di check semua sisi yang terkena banjir, terhitung pergantian oli transmisi matic (baiknya dikuras gunakan mesin).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar